Minggu, 28 Juni 2015

Prospek Bisnis Ikan Lele

Juraganbibitlele.blogspot.com, dalam pembahasan kali ini akan membahas mengenai prospek bisnis ikan lele. Dimana ikan Lele (Claris Sp) sangat popular di kalangan masyarakat. Pasalnya, ketika orang menyebut lele, yang teringat adalah “Pecep Lele.” Makanan khas Jawa Timur dengan lauk andalan lele goreng tersebut sangat terkenal seantero Nusantara. Awalnya, penjual soto lamongan (Jawa Timur) yang mulai mengembangkan usahanya di Jakarta pada tahun 1950-an mulai menyajikan pecel lele sebagai satu menu. Kini bisnis pecel lele merebak di seluruh tanah air.

Pecel lele pun tidak lagi identik dengan warung tenda atau pedagang kaki lima, tetapi telah masuk ke rumah makan dan restoran mewah, bahkan sampai melewati teritori Indonesia. Kini binisnis pecel lele sudah merambah Malaysia, Singapura dan Australia.

Di Australia, pecel lele terhidang di Restoran Es Teller 77 Indonesian Champion milik Sukyanto Nugroho yang terletak di Swanson Street, pusat kota Melbourne. Konsumennya pun bervariasi, hampir tiga perempatnya adalah orang bule. Juru masaknya pun bukan orang Lamongan atau Tegal, melainkan Mang Koko, seorang pria kelahiran Burma.

Konsumen pecel lele dan ikan lele tidak lagi melulu masyarakat kelas bawah. Lele “naik kelas” menjadi makanan bagi semua lapisan masyarakat. Dengan demikian, lele telah merambah semua lapisan masyarakat dan di pasaran, mulai dari pasar tradisional sampai pasar modern, seperti swalayan dan super market.

Lele: ikan berkumis keluarga ikan Catfish ini merupakan salah satu komuditas perikanan yang penting, khususnya budi daya air tawar (freshwater aquaculture). Lele merupakan salah satu ikan air tawar yang paling banyak di budi dayakan dan menduduki urutan ketiga, setelah ikan mas (Cyprinus Carpio) dan ikan nila (Oreochromis Nilotica). Pada tahun 2008, produksi lele nasional sebesar 162.000 ton dan tahun 2009 telah mencapai kurang lebih 250.00 ton.

Lele merupakan salah satu komuditas budi daya air tawar yang memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  1. Dapat diperlihara di berbagai wadah dan lingkungan perairan. Lele dapat diperlihara di kolam air mengalir, bak, kolam terpal, kolam tadah hujan, di sawah (mina-padi), di bawah kandang ayam (mina-ayam), keramba, hampang, dan keramba jaring apung (KJA).
  2. Dapat dipelihara di ari tergenang dan minim air. Lele merupakan ikan yang memiliki alat pernapasan tambahan yang disebut arborescent organ. Dengan alat tersebut, lele mampu hidup pada perairan yang minim oksigen, bahkan lele mampu merangkak di luar air sehingga dikenal sebagai walking catfish. Kelebihan tersebut memberikan berbagai keuntungan, misalnya tidak memerlukan penggantian air yang ketat sehingga dapat dibudi dayakan di daerah perkotaan atau di daerah yang sulit air. Kepadatan di dalam wadah pemeliharaan juga sangat tinggi.
  3. Dapat menerima berbagai pakan. Lele dikenal sebagai ikan pemakan segala yang rakus (piscivor) sehingga dalam budi dayanya dapat diberikan pakan buatan berupa pelet dan pakan tambahan, seperti ikan-ikan rucah, limbah peternakan, bekicot, dan sebagainya. Kelebihan ini memberikan keuntungan, terutama dalam menekan biaya produksi, khususnya biaya pakan.
  4. Tahan penyakit. Lele memang dikenal sebagai ikan yang tahan penyakit. Sekalipun diperlihara di perairan tergenang yang biasanya menjadi sumber penyakit, namun lele cukup tahan.
  5. Teknologi budi daya lele dikuasai oleh masyarakat. Teknologi budi daya lele, mulai dari pembenihan, pembesaran, sampai pengadaan pakan telah dikuasai oleh masyarakat.
  6. Dari sisi distribsi dan pemasaran, senantiasa dalam kondisi hidup. Karena kemampuannya hidup di perairan yang minim oksigen maka distribusi lele hingga rantai akhir pemasaran senantiasa dalam kondisi hidup. Oleh karena itu, lele tersaji dalam kualitas prima di meja konsumen.


Keunggulan lele merupakan berkah bagi petani, pengusaha, dan konsumen. Usaha budi daya lele tersebut berkembang, termasuk lahirnya inovasi-inovasi baru untuk menghasilkan ikan yang lebih berkualitas dan mengubah citra lele, bukdan lagi sebagai budi daya ikan “kelas comberan.”


Artikel Terkait


  1. Prospek Bisnis Ikan Lele
  2. Perkembangan Bisnis Lele Tahun 2015
  3. Mengenal Ikan Lele Budi Daya dan Konsumsi
  4. Klasifikasi, Morfologi dan Jenis Lele Budi Daya
  5. Habitat dan Kebiasaan Hidup Ikan Lele
  6. Makanan dan Kebiasaan Makan Ikan Lele
  7. Lokasi Usaha Budi Daya Lele yang Baik
  8. Struktur Tanah dan Kualitas Air yang Baik untuk Budi Daya Lele
  9. Tipe atau Jenis Kolam untuk Budi Daya Lele
  10. Cara Menyiapkan Indukan Untuk Budi Daya Lele
  11. Manajemen Indukan Lele
  12. Cara Mengetahui Indukan Lele Siap untuk Dipijahkan
  13. Cara Mudah Pembenihan Lele
  14. Cara Penebaran Benih Lele yang Wajib Diketahui
  15. Makanan dan Cara Pemberian Pakan Lele yang Baik

2 komentar:

  1. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG GAIB
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    BalasHapus
  2. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
    Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

    BalasHapus